Saturday 9 January 2016

#SEASOLDIER : GREEN-LIFE STYLE ACTIONS ALA FLORA

Assalamualaikum..

 

Posting kali ini tentang SEASOLDIER, Apa itu SEASOLDIER? SEASOLDIER adalah suatu gerakan peduli lingkungan yang digagas oleh Nadine Chandrawinata. Gerakan ini mengajak anak muda Indonesia untuk menjaga lingkungan terlebih yang menjadi isu utama dari gerakan ini adalah sampah dan saya merupakan salah satu SEASOLDIER tersebut *yeeeay!!*. Setiap SEASOLDIER memperoleh gelang sebagai simbol peduli dengan filosofi karakter warna pada tali gelang yaitu, BIRU lambang laut, MERAH PUTIH lambang Indonesia dan KEPANG lambang gotong royong.

Sebenar nya kita semua adalah penyelamat lingkungan cuma masih banyak yang belum sadar atau belum mengetahui penting nya menjaga lingkungan. Gerakan ini persuasif, menunjukkan aksi-aksi sederhana dan nyata, kemudian aksi tersebut dibagikan ke media sosial, tujuan nya tentu saja menginformasikan, mengajak dan mengedukasi siapa saja yang membaca dan melihat postingan tersebut agar ikut tergerak melakukan aksi. Berikut ini sekelumit aksi-aksi sederhana dan mungkin dianggap remeh tapi berdampak besar bagi lingkungan ala Flora :

1. Membawa Botol Minum  Everywhere Everytime.

























Selalu membawa botol minum sendiri tentu saja dengan air nya kemana pun pergi tujuan aksi ini adalah mengurangi pembelian air minum dalam kemasan, kemasan tersebut terbuat dari plastik, plastik merupakan jenis bahan yang membutuhkan waktu sangat lama untuk terurai. Jadi dengan membawa botol air minum sendiri diharapkan mengurangi sampah kemasan plastik. Membawa tempat makan sendiri juga merupakan aksi sederhana dengan tujuan yang sama, apalagi banyak makanan dikemas menggunakan bahan styrofoam, bahan tersebut juga sukar dan sangat lama untuk terdegradasi. Membawa botol minum dengan bentuk dan warna yang lucu-lucu tentu lebih keren ketimbang minum dari botol plastik *kibas jilbab*

2. Membawa Recycle Bag 

Aksi ini tujuan nya sama dengan aksi 1, untuk mengurangi pemakaian kantung plastik yang berpotensi menjadi sampah, jika hanya berbelanja 1-2 barang sayang jika menggunakan plastik yang jika dibuang ke lingkungan akan mencemari tanah, jika di rumah memiliki banyak kantung plastik belanjaan jangan langsung di buang, simpan kantung tersebut dan gunakan kembali agar tidak terbuang sia-sia. Membawa recycle bag sekarang juga telah dijadikan life style oleh banyak orang, dari pada menenteng kantung plastik lebih kece menenteng recycle bag kan?

3. Menggunakan Air Secukup nya (HEMAT AIR)
 

Aksi ini juga sangat penting, karena kita hidup sangat bergantung pada air, sudah banyak kasus kelangkaan air di Indonesia, apalagi air bersih. Matikan keran air jika memang tidak diperlukan, jangan sering membiarkan air terbuang sia-sia, hemat air merupakan aksi remeh namun berdampak besar bagi lingkungan dan kelangsungan hidup. Tidak perlu sering-sering berendam di bath tub karena air yang terbuang dari pemakaian bath tub cukup banyak. Jika tidak berhemat dari sekarang, tidak akan ada air yang berlimpah di masa mendatang *deuh amit-amit*

4. Hemat Listrik
 

Aksi sederhana satu ini juga gampang banget dilakukan, matikan saklar jika lampu tidak dibutuhkan dan cabut aliran listrik jika tidak dibutuhkan, matikan alat elektronik jika tidak dibutuhkan, jangan biar kan charger handphone masih tersambung dengan listrik jika tidak diperlukan. Pasti sudah familiar dengan aksi EARTH HOUR, yaitu aksi serentak mematikan lampu selama satu jam, jika aksi seperti itu bisa sangat mudah dilakukan setiap hari kenapa harus menunggu gerakan earth hour kan?
5. Do Recycling
 

Bagi orang-orang yang senang ber-DIY pasti sudah tidak asing lagi dengan aksi ini, memanfaatkan kembali barang-barang bekas menjadi barang baru dengan fungsi yang berbeda, aksi ini tujuan nya tentu saja mengurangi sampah, pemanfaatan kembali barang-barang yang sebenar nya berpotensi menjadi sampah menjadi barang yang layak pakai. Bahkan telah banyak usaha dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi dari aksi ini. Jadi selain mengurangi sampah juga dapat meningkatkan ekonomi. 

No comments:

Post a Comment